PERILAKU ETIS DALAM ISLAMIC MARKETING

Authors

  • Fajar Budiman STAI YAPTIP Pasaman Barat

Keywords:

Etika, Pemasaran, Islam

Abstract

Seorang pengusaha – dalam pandangan Islam – tidak hanya sekedar mencari
keuntungan, melainkan mencari keberkahan yaitu kemantapan usaha dengan
memperoleh keuntungan yang wajar dan mendapat ridha Allah SWT. Target yang
dicapai seorang pedagang muslim dalam melakukan bisnis tidak sebatas
keuntungan materil, tetapi juga keuntungan immaterial (spiritual). Kebendaan
yang profan (intransenden) baru bermakna apabila diimbangi dengan kepentingan
spiritual yang transenden (ukhrawi). Dalam melaksanakan kegiatan ekonomi,
Islam melarang segala perbuatan yang dapat merugikan orang lain. Begitu pula
halnya dalam kegiatan pemasaran. Oleh sebab itu, penerapan etika dirasa penting
dalam kegiatan pemasaran.
Kata “etika” tidak berdiri sendiri, melainkan dibatasi dengan penambahan
kosakata “Islam” lalu menjadi “etika Islam”, maka dengan sendirinya konotasinya
akan megacu pada etika dan norma-norma serta ajaran Islam. Dalam hal ini tidak
berbeda dari akhlak berbisnis yang dikembangkan dalam Islam.

Published

2020-08-28