PELAKSANAAN PENDIDIKAN ISLAM MASA COVID-19

Authors

  • M. Ridho Al-Faraby, Yulia Safitri, Nisaus Sakiah, Marisa Marina dan Yulda Dina Septiana5 STAI YAPTIP Pasaman Barat

Keywords:

Pemerataan, Pendidikan, Perkotaan, Pedesaan, Kreativitas

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi setiap manusia, cara maupun pemerintah pada era reformasi ini. Problematika pendidikan merupakan sesuatu yang kompleks. Persoalan pendidikan selalu saja ada selama peradaban dan kehidupan manusia sendiri itu ada. Masalah pendidikan di indonesia terjadi karena tidak merata nya pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Selain itu kurangnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan itu sendiri.
Pemerintah sebaiknya membenahi sistem pendidikan di indonesia. Mulai dari pemerataan guru, sarana dan prasarana,lembaga pendidikan yang berkualitas tinggal di daerah terpencil dan teknologi yang dapat dirasakan semua lapisan masyarakat.Pendidikan agama islam pada masa pandemi covid -19 sangat beragam, sedangkan analisis keberagaman belum banyak yang meneliti.
Analisis dari kajian pendidikan agama islam menunjukkan terdapat seragam perspektif yang digunakan oleh para peneliti diantaranya yang paling banyak menjadi fokusnya adalah mengenai media methodist kesiapan sarana dan prasarana serta kebijakan pendidikan yang mendukung proses pembelajaran jarak jauh. Sehingga seluruh kajian yang membahas mengenai pembelajaran jarak jauh dapat merekomendasikan para guru untuk meningkatkan kreativitas nya dalam menguasai perangkat pembelajaran yang berbasis teknologi.

Published

2021-04-08