LATAR DAN PRINSIP-PRINSIP TEORI BELAJAR HUMANISTIK DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Risal Qori Amarullah dan Erih2 UIN SGD Bandung

Keywords:

Humanistik, Pembelajaran, Implikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implkasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan mengunakan pendekatan deskriptif analisis. Pendekatan berikutnya yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan filosofis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi, sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga tahapan yaitu tahap orientasi, ekspolorasi, dan studi terfokus. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keberhasilan implementasi teori humanistik dalam belajar harus dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, menggairahkan,memberi kebebasan, artinya Implikasi Teori Belajar Humanistik ini ialah Guru. Tuganya selain mendidik sekaligus Sebagai Fasilitator dalam menciptakan pembelajaran yang ideal dan dicita-citakan.

Published

2021-04-08