PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN DI SMPN 1 PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Fitria Hidayat, Supiana dan Maslani UIN SGD Bandung

Keywords:

Peran, Guru Agama Islam, Moderasi Beragama, Pembiasaan

Abstract

diperlukan pembinaan etika toleransi antar siswa agar terwujudnya kerukunan antar umat beragama dan tidak terjadi diskriminatif agama yang berbeda. Oleh sebab itu maka diperlukan peran penting seorang guru dalam membina etika toleransi siswa antar umat beragama. Karena guru tidak hanya berperan sebagai pengajar tetapi juga sebagai pendidik, mediator, evaluator, motivator, fasilitator dalam membina, membentuk dan mempersiapkan mental anak didik atau siswa secara aktif melaksanakan tugas-tugasnya dan diharapkan mampu memberikan kestabilan dalam menghadapi berbagai kemungkinan bahkan ke arah kemungkinan yang terburuk sekalipun yaitu yang berupa goncangan dan ketegangan psikis.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan guru Agama Islam dalam menanamkan moderasi beragama terhadap peserta didik di SMPN 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Sehingga hidup rukun dalam belajar meskipun berbeda agama dan kepercayaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Guru Pendidikan Islam (GPAI) di SMPN 1 Parongpong Barat dalam menanamkan toleransi beragama yaitu dengan cara pembiasaan kegamaan sehari-hari, hal ini dimplementasikan dalam beberapa kegiatan di sekolah.

Published

2021-04-08