KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MOTIVASI KERJA GURU

Authors

  • Pipi Suhadmida Sari, Sesra Budio dan Amul Husni Fadlan STAI YAPTIP Psaman Barat

Keywords:

Guru, Kompetensi Pedagogik, Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi

Abstract

Guru sebagai pendidik, pengajar, pelatih memiliki posisis yang sangat
strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan. Guru harus
melaksanakan tugas dengan kompetensi dan motivasi yang tinggi dalam
menjalanakan profesinya yang dapat berpengaruh terhadap kinerjanya.
Guru profesional hanya dapat diwujudkan apabila seorang guru
memiliki kompetensi dan motivasi dalam profesinya tersebut. Menurut
Permendiknas No. 16 tahun 2007, ada 4 dimensi kompetensi guru
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan
kompetensi profesional. Namun kenyataannya, masih ada sebagian guru
yang belum memiliki kesungguhan bekrja, kurag suka dengan tantangan,
merasa puas denga kemampuannya, kurang bersemangat, dan tidak
peduli dengan hasil capaianya. sudah selayaknya motivasi guru menjadi
perhatian agar dapat tumbuh secara terus menerus. Pada hal inilah
fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin sebagai kondisi
eksternal memberi berpengaruh. Dengan kompetensi yang dimilikinya
guru merasa percaya diri dengan kemampuannya, dan akan menjadi
dorongan yang kuat untuk dirinya bekerja lebih baik. Supervisi kepala
sekolah secara khusus mendorong guru untuk berkemauan
mengembangkan dan meningkatkan ambisi profesionalnya. Pelaksanaan
supervisi akan memberikan pengalaman baru bagi guru dalam
melaksanakan tugasnya sehingga mendorong guru untuk memiliki
harapan yang lebih tinggi.

Published

2020-06-07