PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Studi Kasus di Raudhatul Athfal Kota Bandung Provinsi Jawa Barat

Authors

  • Hanny Rojiyah Mayang

Keywords:

Pengawas, Mutu, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif dan
komprehensif tentang proses perekrutan pengawas pendidikan dan
peran pengawas pendidikan, serta mengetahui faktor-faktor
penghambat dan pendukung peran pengawas untuk meningkatkan mutu
pendidikan di Raudhatul Athfal Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan
metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi
dan studi dokumen. Tahapan analisis data menggunakan model
interaktif dan analisis komponensial. Hasil penelitian menemukan: (1)
proses perekrutan pengawas pendidikan belum sepenuhnya sesuai
dengan peraturan pemerintah dan undang-undang. (2) pemantauan
pelaksanaan program sekolah yang dilakukan pengawas pendidikan
belum terlaksana dengan optimal. (3) supervisi yang dilakukan
pengawas pendidikan belum terlaksana dengan optimal. (4) evaluasi
program kerja sekolah yang dilakukan pengawas pendidikan sudah
terlaksana dengan baik. (5) pembuatan laporan hasil pemantauan,
supervisi, dan evaluasi yang dilakukan pengawas pendidikan
terlaksana dengan baik. (6) Tindak lanjut yang dilakukan pengawas
pendidikan belum optimal. Selanjutnya yang menjadi (7) faktor
penghambat adalah: (a) letak geografis, (b) akses jalan, (c) fasilitas,
(d) penguasaan teknologi, (e) sumber daya manusia; dan (8) faktor
pendukung adalah: (a) dana operasional tambahan dari Pemerintah
Daerah, (b) ketersediaan motor dinas, (d) pelatihan, (e) keterlibatan
masyarakat, (f) tempat domisili pengawas pendidikan, (g) siswa, (h)
semangat dalam diri pengawas pendidikan.

Published

2020-10-15