PERMASALAHAN PENDIDIKAN ISLAM

ANALISIS DI PESANTREN, MADRASAH, DAN SEKOLAH

Authors

  • Iswandi dan Zulfan STAI YAPTIP Psaman Barat

Keywords:

Pendidikan Islam, Pesantren, Madrasah, Sekolah

Abstract

Pada hakikatnya, semua ilmu pengetahuan itu adalah milik Allah
dan datangnya juga dari Allah. Dan manusia sebagai hamba yang
berperadaban tinggi, sudah barang tentu harus menjaga nilai-nilai dan
karakteristiknya sebagai makhluk yang paling tinggi (the high quality).
Pada era sekarang ini, keterbukaan informasi dan gencarnya proses
transformasi nilai-nilai pendidikan Islam, pondok pesantren yang
notabene sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia sangat
diharapkan sekali mampu membentengi gerak dan perkembangan yang
menyebabkan problematika global semakin membengkak, suasana
kehidupan yang kini bersaing, ditambah dengan pluralitas kehidupan
yang semakin kompleks. Ini juga terasa menimbulkan kekhawatiran
bukan saja dikalangan pendidik, pejabat, dan pemerhati kehidupan, akan
tetapi juga dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, mulai dari kelas
bawah sampai kelas atas, dari kota sampai ke berbagai penjuru pelosok
desa. Studi ini merupakan studi kepustakaan yang mengkaji tentang
analisis permasalah pendididkan Islam di Pesantren, madrasah dan
sekolah, dengan cakupan kajian Analisis Pelaksanaan Pendidikan Islam
di Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Analisis Problematika Pendidikan
Islam di Pesantren, Madrasah dan Sekolah, dan Analisis Solusi
Problematika Pendidikan Islam di Pesantren, Madrasah dan sekolah.
Hasil kajian ini menemukan bahwa Pelaksanaan pendidikan
Islam di Pesantren, Madrasah dan Sekolah telah ada dari dahulunya.
Ketiga lembaga ini muncul dengan dilatar belakangi oleh kebutuhan
yang berbeda antara satu sama lain. Dalam pelaksanaan pendidikan
Islam, ketiga lembaga ini memiliki ciri khas atau corak yang berbeda
antara satu sama lain. Pesantren lebih dominan Ilmu agamanya, sekolah
lebih dominan ilmu umumnya. Sementara madrasah berada di antara
kedua hal tersebut. Problematika pendidikan Islam di Pesantren,
Madrasah dan Sekolah. Pada dasarnya masing-masing lembaga
memiliki problematika dalam melaksanakan pendidikan Islam-nya. Ada
sebagian dari problematika tersebut yang sama, namun tidk sedikit pula
yang berbeda, sesuai dengan distingsi dari masing-masing lembaga
pendidikan tersebut.

Published

2021-06-21