MANAJEMEN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN KERJASAMA ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANGTUA

Penelitian dI TK Sejahtera 2 Wanaraja Garut

Authors

  • Dede Ruswandi S3 Prodi Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Taman Kanak-Kanak, Peranan Orangtua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen
sekolah dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan Taman Kanak-Kanak. Menganalisis faktor-faktor yang
mendukung dan menghambat pengelolaan Taman Kanak-Kanak berbasis
peranan orangtua siswa di TK Sejahtera 2 Wanaraja Garut. Metode
penelitian ini adalah deskriptif analitik, dan jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,
dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa: Sekolah TK Sejahtera 2 Wanaraja Garut telah
berperan baik dalam perencanaan pengelolaan Taman Kanak-Kanak,
terbukti dengan banyaknya prestasi sekolah dalam mengikuti beberapa
perlombaan, baik lokal atau antar daerah di Kabupaten Garutt. Faktorfaktor
yang mendukung pengelolaan Taman Kanak-Kanak dikarenakan
belum adanya kedekatan pihak sekolah dan orang tua, peran aktif
orangtua siswa dalam pendanaan dan promosi Taman Kanak-Kanak
serta tingkat pendidikan anggota orangtua siswa yang belum memadai.
Faktor yang menghambat adalah kurang aktifnya beberapa orangtua
iswa dan pihak sekolah.

Published

2021-06-21