PELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Zenab Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pelaksanaan, Standar Pengelolaan, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis kesesuaian pengelolaan pendidikan Sekolah Dasar berdasarkan standar nasional pendidikan. Kemudian perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah dasar, dan sistem informasi manajemen pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik. Hasil yang didapatkan yaitu Aspek pengelolaan pendidikan di sekolah dasar diantaranya aspek perencanaan program dan pelaksanaan rencana kerja belum menunjukkan hasil yang signifikan termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat program pengawasan dan evaluasi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali, kepemimpinan sekolah dengan kategori sangat baik sangat sedikit, sistem informasi manajemen menunjukkan kategori belum baik. Pengelolaan sekolah harus mengacu pada peraturan pemerintah No 19 Tahun 2007 tentang standar pengelolaan pendidikan. Aspek yang belum sesuai yaitu dalam hal pemenuhan kualitas layanan dan peserta didik, kepemimpinan sekolah yang masih belum optimal serta pengelolaan sistem informasi manajemen masih belum maksimal, penyediaan sistem informasi dan komunikasi belum maksimal dan memadai.

Published

2021-06-21